Perbedaan Shared Hosting vs VPS: Mana yang Lebih Baik?

Hosting adalah sebuah jasa untuk memberi sewa layanan server internet yang berguna untuk pembuatan website dan internet. Hosting sendiri memiliki banyak macam layanan, setiap layanannya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari layanan shared hosting vs VPS, mana yang lebih baik?

Layanan hosting sangat diminati dan memiliki banyak peminat sebab memberi kemudahan dalam membangun website mulai dari awal. Tidak hanya mendapat akun hosting yang mengarah ke website, namun pengguna juga mendapat akses untuk mengkostumisasi website mereka sendiri.

Dari dua layanan hosting yang paling terkenal, apa yang sebaiknya Anda gunakan antara shared hosting vs VPS? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting merupakan layanan akun hosting yang digunakan oleh beberapa akun hosting lain dalam satu server yang sama. Layanan hosting satu ini memiliki nama shared yang berasal dari Bahasa Inggris dan berarti berbagi. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan shared hosting, maka kamu bukan satu-satunya.

Diantara shared hosting dan VPS, layanan satu ini sungguh terjangkau dan dapat kamu gunakan apabila masih dalam masa merintis sebuah website. Harganya murah, dan Anda dapat menggunakan setiap layanan yang hosting berikan dengan baik.

Kendati demikian, Anda harus rela berbagi dan menghadapi masalah yang muncul akibat pengguna hosting lain. Bukankah itu salah satu risiko menggunakan hosting bersama orang lain?

Apa Itu VPS?

Virtual Private Server atau VPS merupakan layanan hosting yang memiliki satu server sumber daya yang terbagi dalam server-server kecil lainnya. Server kecil tersebut hanya dapat digunakan oleh satu pengguna, sehingga ketika ada masalah maka hanya pengguna tersebut yang menanggung bebannya.

Bagi Anda yang ingin memiliki hosting dengan layanan yang lebih baik, VPS bisa menjadi rekomendasi yang baik pula. Sebab Anda tidak akan terpengaruh oleh pengguna hosting lain. Lebih baiknya lagi Anda dapat mengkostumisasi konfigurasi dalam website milik Anda sendiri.

Meskipun harganya lebih mahal daripada shared hosting, namun VPS bisa menjadi pilihan. Terutama apabila Anda ingin memiliki sumber daya server yang lebih kuat dengan root akses yang besar.

Apa Perbedaan Shared Hosting vs VPS?

Dari dua penjelasan di atas, Anda bisa melihat perbedaan yang cukup mencolok. Shared hosting dengan harga yang lebih terjangkau dapat berguna bagi mereka yang baru merintis website. Namun dengan risiko harus mau berbagi dengan pengguna hosting lain yang juga menggunakan hosting tersebut.

Shared hosting dapat memberi kelebihan lain seperti layanan keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server telah dilakukan secara langsung oleh pemberi layanan hosting. Sedangkan VPS berdiri sendiri dengan sumber server yang lebih kuat dengan akses root yang besar.

Memilih dua layanan hosting yang berbeda ini bisa membuat risau. Namun apabila memungkinkan, VPS bisa memberi lebih banyak keuntungan. Kendati harganya yang lebih mahal, namun menggunakan server untuk diri sendiri jauh lebih menguntungkan.

Tidak hanya mendapatkan akses untuk melakukan konfigurasi di dalam website, Anda juga dapat menggunakan root akses. Sebagai tambahan, Anda juga dapat memperbesar kapasitas VPS apabila Anda memerlukan pengembangan sewaktu-waktu.

Yuk, Pakai VPS dari Niagahoster!

Memilih layanan hosting yang menguntungkan wajib dengan pertimbangan yang dalam. terutama apabila layanan tersebut berpengaruh pada website organisasi atau bisnis. Shared hosting mungkin sedikit mengeluarkan biaya, namun konsekuensi yang Anda dapatkan justru lebih besar.

Sedangkan VPS sudah siap dengan server kecil untukmu seorang dari sumber daya yang jauh lebih kuat. Dengan konfigurasi dan root akses, Anda bisa menggunakan layanan satu ini lebih bebas. Anda juga perlu mencari jasa hosting yang sudah terpercaya, seperti cloud VPS dari Niagahoster misalnya. Yuk, sewa VPS sendiri!

Saya seorang Administrator Sistem Linux dan juga menulis banyak tutorial tentang VPN , VPS , RDP, Tunneling Linux, Cloud, dan Open Source.