Andika Putra S.Kom Saya seorang Administrator Sistem Linux dan juga menulis banyak tutorial tentang VPN , VPS , RDP, Tunneling Linux, Cloud, dan Open Source.

Tips dan Trik Menjaga Keamanan VPS

Manjaga Kemanan Server

Menjaga keamanan dari server  (VPS ) merupakan tugas wajib  pemilik server supaya server kita terhindar dari berbagai serangan , sehingga website yang kita kelola juga akan aman dan tanpa mengalami down time

Lantas langkah apa saja yang perlu anda lakukan untuk menjaga keamanan server tersebut? simak ulasannya berikut ini :

Menonaktifkan Akses Root

Tips menjaga keamanan server yang pertama bisa anda lakukan adalah pada saat login server dengan remote, adalah menonaktifkan root pada vps , sebaiknya kamu menggunakan akses user baru , untuk menseting berbagai konfigurasi server kamu , kamu bisa menonaktfikan fitur root

nano /etc/ssh/sshd_config

anda memberikan batasan pada setiap akun sesuai kebutuhan saja, jangan memberikan akses penuh pada akun root tersebut.

Mengganti Port Standar

SSH menggunakan port default yakni 22, karena hal ini sudah umum diketahui banyak orang , maka kami sarankan untuk mengganti port tersebut. Tidak hanya membuat orang lain sulit membobol server,  hal ini juga akan membantu agar terhindar dari serangan bruto force

Gunakan Password yang Kuat

Password menjadi kunci utama sebelum bisa masuk ke dalam server, untuk itu tips menjaga keamanan server selanjutnya kali ini adalah dengan memakai password yang sulit ditebak namun mudah anda ingat.

Baca juga : Cara install Stunnel5 di VPS

Update Server

Tips menjaga keamanan server website selanjutnya kali ini adalah dengan selalu melakukan update server. Dengan update ini tidak hanya sekedar menambah fitur baru saja, namun juga meningkatkan keamanan server dari berbagai bug yang ada didalamnya.

Setting Konfigurasi Firewall

Firewall yang terdapat di server ini bertugas untuk mengelola serta memantau trafik masuk dan keluar pada server, dimana keberadaan firewall ini akan secara otomatis memblokir akses ilegal ke dalam jaringan server anda.

Baca juga :Cara mengganti Port SSH di VPS Debian Ubuntu Centos

Pasang Monitoring Server

Langkah selanjutnya untuk menjaga keamanan server ialah dengan memasang monitoring server, dengan begini anda bisa memantau kondisi server secara real-time. Jika terjadi kegiatan yang tidak waja, maka anda bisa langsung beraksi untuk mengatasinya.

Avatar for Andika Putra S.Kom
Andika Putra S.Kom Saya seorang Administrator Sistem Linux dan juga menulis banyak tutorial tentang VPN , VPS , RDP, Tunneling Linux, Cloud, dan Open Source.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.