3+ Distro Linux Untuk Programmer Terbaik dan Populer

Distro Linux terbaik dan populer , Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi yang handal dan paling ringan dibanding sistem operasi window dan MAcOS , serta paling banyak diminati oleh para kalangan IT termasuk juga programmer atau developer.

Banyak sekali kelebihan yang bisa kamu rasakan rasakan ketika menggunakan sistem operasi linux, diantaranya saat membuat code program, Analisis jaringan, dll, Rata-rata distro linux itu lebih fleksibel, cepat, aman dan powerfull, apalagi Terminal CLI nya yang sangat membantu tanpa harus banyak berinteraksi dengan GUI.

Berikut adalah beberapa rekomendasi distro linux untuk programmer terbaik yang nantinya dapat anda coba :

Linux Mint

Distro Ubuntu

Berikutnya merupakan distro linux turunan dari ubuntu adalah linux Mint, Awal diciptakannya linux mint adalah untuk menyediakan sebuah sistem operasi desktop yang mudah digunakan pengguna rumahan maupun perusahaan secara cuma-cuma dengan se-efektif, sederhana, dan se-elegan mungkin.

Distro ini sangat cocok untuk penggunaan pekerja kantoran dan juga pemula untuk belajar, Desain dan tampilan nya yang mirip dengan sistem operasi Windows membuat anda akan lebih cepat menyesuaikan atau beradaptasi.

Linux mint juga sangat ringan dan tidak banyak memakan memori saat dijalanka, juga tersedia berbagai DE (Desktop Environment) yang dapat anda coba seperti Mate dan Xface.

Untuk anda seorang programmer yang menginginkan linux yang minimalis, ringan dan tentunya cepat, anda dapat mencoba distro linux yang satu ini.

Anda bisa mengunjungi situs resmi mint di : https://linuxmint.com

 

Linux Debian / Ubuntu

Distro Linux

Rekomendasi distro linux untuk programmer yang pertama yaitu Debian/Ubuntu, linux versi merupakan salah satu distro linux tertua yang sangat populer sedari dulu sampai dengan sekarang.

Linux debian / ubuntu dibangun dengan mempertimbangkan stabilitas, keamanan dan kemampuan menjadikan debian sebagai distro linux pilihan yang cocok bagi programmer.meskipun versi ini kurang cocok jika digunakan untuk server ,

Ubuntu selalu menjadi primadona pertama bagi para pemula yang baru pindah dari Windows, layout desain nya yang elegan, paket yang stabil dan cocok untuk digunakan sehari-hari.

Ubuntu sangat bisa di andalkan untuk anda yang beru belajar Linux selain itu komunitas ubuntu di indonesia cukup besar.

Linux Debian juga terkenal dengan julukan bapaknya distro Linux kenapa?, Ini dikarenakan kebanyakan Distro Linux lain adalah turunan dari Linux Debian seperti halnya dengan Ubuntu salah satu contohnya.

Paket-paket di debian yang lumayan lengkap dan stabil memang sangat cocok bagi programmer atau developer yang santai dan tidak ingin terlalu sering melakukan update pada sistem operasinya.

Linux Debian merupakan salah satu pilihan terbaik yang dapat memberikan sesuatu yang lebih untuk para programmer, developer dan juga system administrator.

Linux CentOS

Selanjutnya linux CentOS, merupakan rekomendasi distro linux terbaik yang cocok digunakan untuk anda sebagai seorang programmer/developer.

Linux CentOS adalah verian dari Red Had Enterprise (RHEL) non komersial yang berbasis pada komunitas dengan fokus pada penggunaan Linux agar menghadirkan ekosistem open source yang baik.

CentOS dianggap sebagai alternatif RHEL yang cukup mengagumkan, dilengkapi dengan sebagian besar fitur RHEL dan mengemasnya sebagai sistem operasi open source bebas digunakan. Banyak perangkat lunak RHEL komersial yang juga berjalan baik di CentOS.

Linux CentOS juga memiliki akses ke pengelola paket YUM dan repositori asli Red Had Software Collections (RHSCL) yang menawarkan versi stabil terbaru bahasa pemrograman dinamis, database, infrastruktur web dan juga tool pengembangan penting lainnya.

Baca juga : 3+ Aplikasi SSH Client Terbaik dan Populer di Android

Hal tersebut menjadikan Linux CentOS sebagai distro Linux pilihan yang bagus dan sangat cocok untuk programmer atau developer.

jika masih belum paham dan jelas bisa tanyakan di kolom

Saya seorang Administrator Sistem Linux dan juga menulis banyak tutorial tentang VPN , VPS , RDP, Tunneling Linux, Cloud, dan Open Source.