3+ Aplikasi SSH terbaik dan Populer untuk Window (Komputer & Laptop)

Aplikasi SSH Client di komputer , penggunan SSH sering digunakan untuk mengelola, konfigurasi server dan hal hal yang berhubungkan dengan koneksi ke server oleh karena itu saya merekomendasikan beberapa aplikasi SSH Client untuk para pengguna komputerDengan Protokol Secure Shell (SSH) dapat menyediakan layanan otentikasi server; enkripsi; verifikasi integritas data; dan otentikasi klien. Otentikasi server dilakukan menggunakan algoritma kunci publik RSA, DSA, atau ECDSA.

Untuk enkripsi dan verifikasi integritas data, sejumlah algoritme disediakan yang dapat diterapkan oleh setiap produk SSH secara modular. Otentikasi klien dapat dilakukan menggunakan kata sandi, kunci publik,  dan metode lainnya.

Fungsi SSH populer lainnya adalah penerusan port, atau tunneling koneksi TCP/IP. Dengan penerusan port SSH, dimungkinkan untuk mengamankan koneksi TCP/IP yang dibuat oleh aplikasi independen yang rentan terhadap serangan jaringan.

Apa itu SSH

SSH adalah protokol yang sangat fleksibel, dan berbagai jenis layanan dapat menggunakannya. Arsitektur terbuka protoko memungkinkan layanan ini berjalan pada waktu yang sama tanpa menghalangi satu sama lain.

Dengan SSH Klien dan server SSH dapat mentransfer file menggunakan protokol SCP dan SFTP, yang berjalan di atas sesi SSH yang telah ditetapkan.

  • SCP adalah utilitas Unix rcp lama yang ditransplantasikan ke transport yang berbeda,
  • SFTP adalah protokol akses file jarak jauh yang fleksibel yang dapat digunakan dengan cara yang lebih canggih

Perhatikan bahwa SFTP tidak terkait dengan FTP, atau ke FTP melalui TLS/SSL. Protokolnya independen dan sangat berbeda.

SSH juga menyediakan permintaan exec. Permintaan exec mengeksekusi program di server seperti konsol jarak jauh, tetapi tanpa mengharapkan input interaktif. Permintaan Exec berguna untuk administrasi jarak jauh otomatis.

Baca juga: 3+ Aplikasi SSH Client Terbaik dan Populer di Android

Aplikasi Putty

Aplikasi yang pertama yang saya rekomendasikan buat anda adalah aplikasi Putty , Aplikasi yang simple untuk terkoneksi Ke Server dengan bermacam macam protokol seperti di bawah ini

Aplikasi Putty  menawarkan fitur yang cukup lengkap. Beberapa fitur pada aplikasi Pitty antara lain: Support SFTP, IP version 6,  Blowfish, sudah support 3DES, AES, DES, Arcfour, serta mempunyai fitur yakni dukungan terhadap koneksi lokal port serial

Putty adalah klien SSH dan telnet, yang awalnya dikembangkan oleh Simon Tatham untuk platform Windows. Putty adalah perangkat lunak sumber terbuka yang tersedia dengan kode sumber dan dikembangkan serta didukung oleh sekelompok sukarelawan.

Beberapa fitur pada aplikasi Pitty antara lain: Support SFTP, IP version 6,  Blowfish, sudah support 3DES, AES, DES, Arcfour, serta mempunyai fitur yakni dukungan terhadap koneksi lokal port serial, dan lain

Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap. Beberapa fitur pada aplikasi Pitty antara lain: Support SFTP, IP version 6,  Blowfish, sudah support 3DES, AES, DES, Arcfour, serta mempunyai fitur yakni dukungan terhadap koneksi lokal port serial, dan lain sebagianya.

Selain sudah mendukung SSH, Putty juga sudah mendukung koneksi melalui rlogin, telnet, raw, serta serial communications

kamu bisa download aplikasi Putty untuk window secara gratis DISINI

MobaXterm

MobaXterm

MobaXterm adalah MobaXterm Professional telah dirancang untuk keamanan dan stabilitas kotak peralatan utama Anda untuk komputasi jarak jauh. Dalam satu aplikasi Windows, ia menyediakan banyak fungsi yang disesuaikan untuk programmer, webmaster, administrator TI, dan hampir semua pengguna yang perlu menangani pekerjaan jarak jauh mereka dengan cara yang lebih sederhana.

Manajemen sesi
MobaXterm memungkinkan Anda untuk meluncurkan sesi jarak jauh. Anda dapat memilih untuk membuat sesi SSH, Telnet, Rlogin, RDP, VNC, XDMCP, FTP, SFTP atau Serial. Setiap sesi yang Anda mulai secara otomatis disimpan dan ditampilkan di bilah sisi kiri.

MobaXterm menyediakan semua alat jaringan jarak jauh yang penting (SSH, X11, RDP, VNC, FTP, MOSH, …) dan perintah Unix (bash, ls, cat, sed, grep, awk, rsync, …) ke desktop Windows , dalam satu file exe portabel yang berfungsi di luar kotak. Info lebih lanjut tentang protokol jaringan yang didukung

Ada banyak keuntungan memiliki aplikasi jaringan All-In-One untuk tugas jarak jauh Anda, mis. ketika Anda menggunakan SSH untuk terhubung ke server jarak jauh, browser SFTP grafis akan secara otomatis muncul untuk mengedit file jarak jauh Anda secara langsung. Aplikasi jarak jauh Anda juga akan ditampilkan dengan mulus di desktop Windows Anda menggunakan server X tertanam. Lihat demo

Anda dapat mengunduh dan menggunakan MobaXterm Home Edition secara gratis. Jika Anda ingin menggunakannya di dalam perusahaan Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk berlangganan MobaXterm Professional Edition: ini akan memberi Anda akses ke lebih banyak fitur dan perangkat lunak “Customizer”. Perbandingan fitur

Saat mengembangkan MobaXterm, kami berfokus pada tujuan sederhana: mengusulkan antarmuka pengguna yang intuitif agar Anda dapat mengakses server jarak jauh secara efisien melalui jaringan atau sistem yang berbeda. Tangkapan layar

MobaXterm sedang dikembangkan secara aktif dan sering diperbarui oleh Mobatek.

Fitur utama MobaXtream

  • Server X tersemat
  • Ekspor DISPLAY yang mudah
  • Kemampuan X11-Penerusan
  • Terminal bertab dengan SSH
  • Banyak perintah Unix/Linux di Windows
  • Pengaya dan plugin
  • Manajer sesi serbaguna
  • Aplikasi portabel dan ringan
  • Aplikasi profesional

kamu bisa download aplikasi Mobaxstream untuk window secara gratis DISINI

Baca juga : 3+ Aplikasi SSH Terbaik dan Tercepat untuk Internet Gratis

Bitvise SSH Client

Bitvise SSH Client aplikasi yang mendukung semua versi desktop dan server Windows, 32-bit dan 64-bit, dari Windows XP SP3 dan Windows Server 2003, hingga yang terbaru – Windows 10 dan Windows Server 2019.

aplikasi Bitvise SSH Client gratis untuk digunakan dalam semua jenis, termasuk dalam organisasi. Untuk memulai, cukup unduh disini.

Klien SSH dan SFTP kami untuk Windows menggabungkan:

  • Salah satu klien SFTP grafis paling canggih.
  • Penerusan Desktop Jarak Jauh sekali klik.
  • Emulasi terminal canggih dengan dukungan untuk protokol bvterm, xterm, dan vt100.
  • Dukungan untuk sistem masuk tunggal di seluruh perusahaan menggunakan otentikasi pengguna SSPI (GSSAPI) Kerberos 5 dan NTLM, serta otentikasi host Kerberos 5.
  • Dukungan untuk otentikasi kunci publik ECDSA, RSA dan DSA dengan manajemen keypair pengguna yang komprehensif.
  • Enkripsi dan keamanan: Menyediakan enkripsi dan keamanan mutakhir yang sesuai sebagai bagian dari solusi yang memenuhi standar yang memenuhi persyaratan validasi PCI, HIPAA, atau FIPS 140-2.
  • SSH dikaburkan dengan kata kunci opsional. Saat didukung dan diaktifkan di klien dan server, kebingungan membuat pengamat lebih sulit mendeteksi bahwa protokol yang digunakan adalah SSH. (Protokol; patch OpenSSH)
  • Kemampuan penerusan port SSH yang kuat, termasuk penerusan dinamis melalui SOCKS terintegrasi dan proxy HTTP CONNECT.
  • Parameter baris perintah yang kuat yang membuat klien SSH sangat dapat disesuaikan dan cocok untuk digunakan dalam situasi tertentu dan lingkungan yang terkendali.
  • Jembatan FTP-ke-SFTP memungkinkan Anda terhubung ke server SFTP menggunakan aplikasi FTP lama.
  • Klien SFTP baris perintah yang canggih dan dapat skrip, sftpc.
  • Klien eksekusi jarak jauh baris perintah yang dapat skrip, sexec, dan klien konsol terminal baris perintah, stermc.
  • Klien tunneling baris perintah skrip, stnlc, dengan dukungan untuk aturan penerusan port statis, tunneling berbasis SOCKS dinamis, dan jembatan FTP-ke-SFTP.
  • Pustaka .NET SSH kami, FlowSshNet, dengan contoh skrip PowerShell yang menunjukkan cara menggunakan pustaka SSH untuk transfer file dan eksekusi program jarak jauh dari PowerShell.
  • Fitur administrasi jarak jauh Bitvise SSH Server.

Baca juga : 3+ Aplikasi VPN Tercepat dan Terbaik untuk Internet Gratis

jika kamu belum paham dan jelas mengena aplikasi ssh untuk os window bisa tanyakan di kolom komentar

 

Saya seorang Administrator Sistem Linux dan juga menulis banyak tutorial tentang VPN , VPS , RDP, Tunneling Linux, Cloud, dan Open Source.