Rekomendasi 3 + Aplikasi Desain Grafis Linux Terbaik

Desain Grafis Linux Terbaik Dikala kalian berasih dari windows ke linux, selaku seseorang desainer ataupun artis kalian tidak butuh kuatir hendak pekerjaan mu. Komunitas dari LINUX sudah meningkatkan banyak aplikasi desain grafis yang dapat kalian pakai secara gratis dengan  fitur yang sangat komplit.

Terdapat banyak aplikasi linux yang dapat kalian pakai selaku alternatif pengganti photoshop, corel, maupun illustrator.

Desainer grafis, editor film, komposer musik, serta penyuka multimedia mempunyai kebutuhan spesial kala memakai fitur lunak. Seperti itu sebabnya terdapat distribusi Linux spesial yang melayani mereka.

Terdapat banyak Aplikasi Desain Grafis Linux yang menolong seniman digital tingkatkan karyanya ataupun membangun suatu yang menarik dari dini. Bisa jadi, aplikasi yang terdapat dengan Linux tidak terkenal secara komersial, namun mereka menawarkan fitur- fitur mutahir buat berperan selaku pasangan yang sempurna untuk seniman digital.

Gimp

Desain Grafis Linux GIMP

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafis berbasis raster. GIMP adalah aplikasi sumber terbuka untuk mengelola grafis Bitmap. Cocok bagi Coders yang udah biasa main photoshop di OS sebelah.

Apakah Anda seorang desainer grafis, fotografer, ilustrator, atau ilmuwan, GIMP memberi Anda alat canggih untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Anda dapat lebih meningkatkan produktivitas Anda dengan GIMP berkat banyak opsi penyesuaian dan plugin pihak ke-3.

Kelebihan dari Gimp

  • Manipulasi Foto Berkualitas Tinggi
    GIMP menyediakan alat yang dibutuhkan untuk manipulasi gambar berkualitas tinggi. Dari retouching hingga restorasi ke komposit kreatif, satu-satunya batasan adalah imajinasi Anda.
  • Penciptaan Karya Seni Asli
    GIMP memberi seniman kekuatan dan fleksibilitas untuk mengubah gambar menjadi kreasi yang benar-benar unik.
  • Elemen Desain Grafis
    GIMP digunakan untuk memproduksi ikon, elemen desain grafis, dan seni untuk komponen antarmuka pengguna dan maket.
  • Algoritma Pemrograman
    GIMP adalah kerangka kerja berkualitas tinggi untuk manipulasi gambar skrip, dengan dukungan multi-bahasa seperti C, C++, Perl, Python, Skema, dan banyak lagi!
  • Komponen Utama dalam Alur Kerja Penerbitan Desktop
    GIMP menyediakan fitur manajemen warna terbaik untuk memastikan reproduksi warna dengan ketelitian tinggi di seluruh media digital dan cetak. Ini paling baik digunakan dalam alur kerja yang melibatkan perangkat lunak bebas lainnya seperti Scribus, Inkscape, dan SwatchBooker.
  • Ekstensibilitas & Fleksibilitas
    GIMP menyediakan ekstensibilitas melalui integrasi dengan banyak bahasa pemrograman termasuk Skema, Python, Perl, dan banyak lagi.

Hasilnya adalah penyesuaian tingkat tinggi seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah besar skrip dan plug-in yang dibuat oleh komunitas.

Inkscape

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafis mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Kalo yang ini bisa jadi alternatif corel draw atau ilustrator Coders.

Inkscape dapat membawa Anda dari tahap ini ke format desain akhir kelas profesional yang siap dipublikasikan di web atau dalam bentuk fisik.

Desain vektor seringkali merupakan metode pembuatan gambar yang disukai untuk logo, ilustrasi, dan seni yang membutuhkan skalabilitas tinggi. Aplikasi Inkscape digunakan di berbagai industri (pemasaran/branding, teknik/CAD, grafik web, kartun) dan penggunaan individu.

Fitur Inkscape

  • Pembuatan objek
    Menggambar: alat pensil (menggambar tangan bebas dengan jalur sederhana), alat pena (membuat kurva BĂ©zier dan garis lurus), alat kaligrafi (menggambar tangan bebas menggunakan jalur terisi yang mewakili goresan kaligrafi)
    Alat bentuk: persegi panjang (mungkin memiliki sudut membulat), elips (termasuk lingkaran, busur, segmen), bintang/poligon (dapat dibulatkan dan/atau diacak), spiral
    Alat teks (teks multi-baris, pengeditan penuh di atas kanvas)
    Bitmap yang disematkan (dengan perintah untuk membuat dan menyematkan bitmap dari objek yang dipilih)
    Klon (salinan objek yang terhubung “hidup”), termasuk alat untuk membuat pola dan pengaturan klon
  • Alat pemilih warna
  • Salin/tempel gaya
  • Operasi di jalur
  • Dukungan teks
  • Teks multi-baris
  • Rendering
  • Format file

Baca juga :3+ Distro Linux Untuk Programmer Terbaik dan Populer

RawTherapee

RawTherapee

aplikasi opensource berkelas profesional yang bisa kamu gunakan untuk memproses raw file hasil jepretan foto DSLR mu

RawTherapee adalah sistem pemrosesan foto mentah lintas platform yang kuat, dirilis sebagai Perangkat Lunak Bebas (GPLv3). Ini dirancang untuk mengembangkan file mentah dari berbagai kamera digital dan ditargetkan untuk pengguna mulai dari pendatang baru yang antusias yang ingin memperluas pemahaman mereka tentang cara kerja pencitraan digital hingga fotografer profesional.

RawTherapee menyediakan seperangkat alat yang kuat bagi Anda untuk menghasilkan foto yang luar biasa dan menunjukkan kreativitas Anda.

Kelebihan dari RawTherapee

  • Kualitas Gambar Tinggi
    Mesin pemrosesan 32-bit (floating point) non-destruktif, algoritme demosaicing modern, dan pengeditan warna+detail tingkat lanjut memberi Anda alat terbaik untuk mengembangkan gambar dengan kualitas tertinggi dari file mentah Anda (termasuk DNG Rentang Dinamis Tinggi).
  • Dukungan Mentah Luar Biasa
    RawTherapee memberi Anda demosaicing terbaik di kelasnya, termasuk menggunakan dua algoritme demosaicing pada gambar yang sama, menggabungkan file mentah pergeseran piksel dengan ghost masking otomatis, bekerja dengan file mentah multi-bingkai, pengurangan bingkai gelap, koreksi bidang datar, dan hot/ koreksi piksel mati!
  • Kebebasan Gratis
    RawTherapee adalah perangkat lunak Sumber Terbuka dan Gratis. Ini berarti Anda dapat menggunakannya secara gratis, di mana pun Anda suka dan sesuka Anda selama Anda mematuhi lisensi GPLv3 copyleft. Unduh kode sumber, modifikasi, dan bantu perbaiki! Kami percaya pada Perangkat Lunak Bebas.

Ini adalah lintas platform – Anda dapat menggunakannya di Linux, macOS, atau Microsoft Windows. Ini juga internasional dan tersedia dalam lebih dari 15 bahasa!

 

Saya seorang Administrator Sistem Linux dan juga menulis banyak tutorial tentang VPN , VPS , RDP, Tunneling Linux, Cloud, dan Open Source.